Minggu, 04 Desember 2011

MEATLESS DAY ! ! ! !

HARI PENTING BAGI BUMI ! !
Hari apakah itu ?
Mungkin masih belum banyak yang tahu tentang 25 november. tanggal tersebut bukan hari ulang tahun bukan hari kemerdekaan, serta bukan pula hari raya sebuah agama. Hari ini bertepatan tentang kelangsungan hidup dibumi ini, hal sepele yang menentukan kehidupan dunia apakah semakin panas atau berubah sedikit menjadi normal. Hari ini adalah meatless day atau hari tanpa daging sedunia.
Setiap tahun pada tanggal 25 November, jutaan orang di seluruh dunia memberikan komitmennya untuk tidak memakan daging, ikan , dan unggas. Tahun 2008 yang lalu, 100 juta orang di seluruh dunia berkomitmen untuk tidak makan daging selama satu hari penuh pada hari tanpa Daging tersebut.
Satu hari tanpa makan daging merupakan awal yang baik untuk memperoleh keuntungan dari pola hidup tanpa makan daging, seperti mengurangi resiko terkena penyakit jantung, kanker, kolestrol tinggi, dll serta dapat membantu pelestarian lingkungan SOLUSI PENCEGAHAN GLOBAL WARMING.
Marianne Thieme, Member of Dutch Parlament, Chairwoman of Party For The Animals mengatakan : Bila
setiap orang di Inggris tidak makan daging selama 7 hari dalam seminggu, mereka akan menghemat 91 mega ton emisi gas rumah kaca. Ini akan sama dengan menghilangkan semua gas rumah kaca yang dihasilkan oleh 12,5 juta rumah tangga di Inggris. Jumlah itu separuh dari total rumah tangga di Inggris. Dan bila semua orang di Inggris tidak makan daging selama 6 hari dalam seminggu, ini akan menciptakan penghematan CO2 jauh lebih besar daripada melenyapkan semua mobil dari jalan - jalan di Inggris.
Kota Ghent, di Belgia menjadi kota pertama di dunia yang memberlakukan aturan vegetarian untuk warganya, setidaknya sehari dalam seminggu. Menurut para penggagas ide ini, hal ini dilakukan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, sekaligus akan menyehatkan dan mengurangi obesitas.
Penduduk kota Ghent ini sadar akan makna hidup sehat dan keseimbangan lingkungan, sehingga kota ini akan memberlakukan satu hari makan tanpa daging, dan aturan ini diberlakukan bagi para pegawai negeri dan pejabat kota, anggota parlemen, serta anak - anak sekolah. Mereka mereka inlah yang akan menjadi orang yang tidak makan daging dalam satu hari. karena menu yang disediakan hanya menu vegetarian.
Dalam satu hari tiap tahun kita tidak memakan daging sudah memberikan banyak keuntungan bagi bumi dan diri kita sendiri, bayangkan jika kita melakukannya setiap hari atau paling tidak sehari dalam seminggu. Hal ini tidak sulit untuk dilakukan karena diri kita sendiri yang melakukannya. Tidak memakan daging juga merupakan hal yang lebih pintar daripada kita berteriak berpidato memaksa orang lain untuk tidak menggunakan kaleng baja bermesin. Pola hidup vegetarian kini sedang terkenal di Negara-negara maju seperti amerika serikat, inggris dan Negara-negara di eropa. Biasanya para vegetarians ini berasal dai kalangan pemandu sorak, para atlit, instruktur senam bahkan para artis papan atas Indonesia pun banyak yang menjadi vegetarian seperti Jerinx ‘Superman Is Dead’, Titiek Puspa , Dewi Dee Lestari, Sophia Latjuba, Ria ‘Warna’ dan dan masih banyak lainnya.

Apa manfaat menjadi vegetarian?
Manfaatnya banyak sekali. Dari aspek kesehatan sudah banyak penelitian menunjukkan terbukti jauh lebih sehat. Dari aspek lingkungan, sekarang para pakar lingkungan membeberkan ternyata peternakan menjadi penyumbang terbesar pemanasan global, jadi dengan bervegetarian berarti kita turut menyelamatkan bumi kita. Dengan bervegetarian kita juga lebih berpotensi terhindar dari penyakit-penyakit yang menular melalui hewan seperti penyakit sapi gila, flu burung, flu babi, flu kambing.

Adakah risiko menjadi vegetarian?
Risikonya tidak ada. Hanya saja berdasarkan pengalaman pribadi, kadang ada teman yang suka mencemooh kita dalam batas bergurau. Tapi itu tidak apa-apa, karena kita tahu mereka yang mencemooh itu sebenarnya tidak paham. Risikonya mungkin jika anda melakukan diet vegetarian yang salah anda akan merasa lemas dan kurang bertenaga, tapi tenang saja hal ini hanya akan terjadi jika tubuh anda kekurangan kalori dan protein, untuk melenkapi kekurangan itu anda bisa mengkonsumsi ikan atau telor unggas. Kejadian ini biasa nya terjadi pada vegetarian pemula yang belum tahu cara diet yang benar, hal ini juga pernah terjadi pada diri saya. Saya sudah hampir tiga tahun menjadi vegetarian dan kini beberapa teman saya pun mengikuti pola hidup vegetarian.
Untuk mencegah kesalahan pada diet vegetarian saya akan memberikan tips yang saya harap akan berguna bagi kalian yang berminat menjadi vegetarian.

Berikut adalah tips untuk vegetarian pemula:
1. Lakukan diet secara bertahap, mulailah perlahan-lahan misalnya untuk pertama lakukan diet sehari dalam semingu, kemudian tingkatkan menjadi tigahari seminggu sampai akhirnya anda melakukan diet vegetarian setiap hari
2. Atur jenis makanan diet yang akan dihilangkan, saran saya untuk pertama kali hilangkan memakan daging berkaki empar (sapi,domba,kerbau dan lainnya), kemudain hilangkan juga kebiasaan memakan daging unggas, setelah itu baru kurangi memakan ikan. Kenapa memakan ikan tidak dihilangkan ? saya pernah berkonsultasi dengan seorang figur artis punk ternama yang telah lama menjadi vegan dan ia memberikan tips agar tetap memakan ikan walaupun cuma sedikit, hal ini di karenakan kemampuan fisik seseorang berbeda-beda dan untuk mencegah collapse saya anjurkan untuk memakan ikan agar kita tidak kekurangan asupan protein dan kalori.
3. Selanjutnya coba hentikan memakan kuah yang tercampur dagin dan minyak pada gorengan.
4. Pilihlah sayuran dan buah-buahan yang baik yang mengandung gizi dan nutrisi yang cukup yang diperlukan tubuh. Variasikan menu makanan anda untuk mencegah kejenuhan, kurangi pula kadar gula dan garam pada makanan anda.

Mudah-mudahan dengan adanya bacaan ini makin banyak pahlawan bumi yang peduli pada kehidupan kita dan kehidupan anak cucu kita. Perlihatkan indahnya dunia pada anak cucu kita dengan bukti yang nyata jangan hanya cerita karena mereka takkan percaya dengan indahnya dunia di masa sebelum kita. Saya mengajak dan merangkul semuanya untuk berperan aktif demi kepentingan hidup bersama dalam GERAKAN HIDUP TANPA DAGING.
SALAM HIJAU mari terjun dan beraksi nyata 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar